Anda ingin paypal anda punya saldo? daftar kesini

ads ads ads

Thursday, September 15, 2011

Contoh skripsi Penelitian Tindakan Kelas

BAB 1 PENDAHULUAN A. Latar Belakang Pembelajaran merupakan salah satu dunia komunikasi tersendiri antara guru dan siswa dapat saling bertukar pikiran untuk mengembangkan ide-ide. Matematika sebagai salah satu pelajaran yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan, yang dalam proses pembelajarannya bukan semata-mata hanya menghafal melainkan pemahaman terhadap konsep, dan penguasaan terhadap materi. Penelitian bersama dengan teamnya melakukan penelitian di sekolah SD Negeri 173270 Siborongborong atas seizin kepala sekolah dan guru bidang studi matematika untuk melakukan pengamatan di sekolah tersebut. Dengan izin yang diberikan beliaumaka peneliti dapat melakukan pengamatan di kelas III SD Negeri 173270 Siborongborong pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Pada saat peneliti mengamati dan memperhatikan proses belajar mengajar yang berlangsung, guru menerangkan pelajaran dan ada sebagian siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru. Banyak tingkah siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru, yaitu ada siswa yang asyik ngobrol dengan teman sebangkunya, ada siswa yang mengganggu temannya, bahkan sampai melakukan keributan di kelas. Sekalipun sudah ditegur dan dimarahi oleh guru, siswa tetap tidak menghiraukannya. Hanya sebagian kecil siswa yang memperhatikan penjelasan guru. Selama proses pembelajaran terdapat siswa yang tidak memiliki buku teks pelajaran, tidak memperhatikan, tidak mengingat penjelasan guru dan tidak mau bertanya jika kurang jelaas, melainkan mereka hanya melakukan hal-hal yang disenanginya. Setelah pembelajaran selesai, guru memberikan latihan kepada siswa untuk mengetahui sampai dimana pemahaman siswa tentang materi yang baru saja diterangkan guru dan ternyata sebagian kecil siswa yang dapat mengerjakannya dan sebagian kecil lagi tidak mengerjakannya. Setelah beberapa menit, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan soal ke depan, tetapi siswa tidak ada yang berani untuk mengerjakannya walaupun sudah dibujuk tetapi tidak ada yang berani mengerjakannya ke depan. Jadi, setelah melakukan pengamatan kejadian di sekolah, maka peneliti dengan para teamnya, guru dan kepala sekolah menyimpulkan bahwa penyebab rendahnya prestasi belajar siswa disebabkan oleh kurang motivasi belajar matematika, sehingga pemahaman siswa terhadap pelajaran matematika rendah. Untuk membuat siswa termotivasi dalam proses pembelajaran, peneliti menyarankan kepada guru suatu metode pembelajaranyaitu dengan menggunakan metode kumon. Agus (2005 : 93) mengemukakan bahwa metode pembelajaran kumon merupakan cara memotivasi belajar anak dalam segala situasi. Pelaksanana pembelajaran kumon setahap demi setahap untuk meningkatkan aktifitas siswa yang mengikuti pembelajaran terutama pada aspek untuk berkomunikasi dan bertanya, maupun pada meningkatnya motivasi siswa untuk selalu berusaha menjawab pertanyaan guru dan menyelesaikan soal-soal yang diberikan guru. Berdasarkan uraian di atas, peneliti bersama pihak sekolah melakukan penelitian mengenai “Penggunaan Metode Kumon dalam Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Operasi Hitung Bilangan di Kelas III SD Negeri 173270 Siborongborong”. B. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana meningkatkan motivasi belajar dalam pembelajaran matematika? 2. Bagaimana hasil belajar siswa di kelas III SD Negeri 173270 Siborongborong dengan menggunakan metode Kumon pada pokok bahasan operasi hitung bilangan? C. Batasan Masalah Batasan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Motivasi belajar siswa terhadap materi yang diajarkan yaitu operasi hitung bilangan. 2. Pembelajaran yang dilakukan adalah pembelajaran langsung dengan metode kumon. D. Tujuan Penelitian Berkaitan dengan masalah di atas, yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: 1. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran operasi hitung bilangan. 2. Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pokok bahasan operasi hitung bilangan. E. Manfaat penelitian Setelah dilakukan penelitian ini maka diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan: 1. Motivasi belajar siswa meningkat dalam proses pembelajaran matematika. F. Anggapan Dasar 1. Tingkat kemampuan dan kondisi belajar siswa di kelas III SD dari tahun ketahun relatif sama. 2. Skor hasil tes penelitian menggambarkan kemampuan siswa yang sesungguhnya. G. Hipotesis Motivasi dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan operasi hitung bilangan meningkat dengan menggunakan metode pembelajaran Kumon.

Related Posts by Categories



0 komentar :

Post a Comment